Minuman Teh: Peluang Usaha Modal Kecil
Kita akan membahas semua hal tentang usaha franchise minuman teh. Mulai dari analisa bisnis, jenis teh, franchise yang terpercaya, jenis kemitraan hingga pengalaman mereka yang pernah sukses membuka usaha franchise ini. Tidak ketinggalan juga memberikan beberapa tips penting di akhir artikel bagi Anda yang memang serius ingin berkecimpung untuk membuka usaha ini.
Pengenalan
Teh
source: wikipedia.com
Tahukah Anda bahwa asal mula tanaman
penghasil teh dibawa pertama kali ke Indonesia oleh seorang berkebangsaan
Jerman bernama Andreas Cleyer? Tanaman yang bernama latin Camellia Sinensis ini
ditanam pada tahun 1684 sebagai tanaman hias. Dikabarkan pula pada tahun 1694,
ada yang melihat tanaman Teh Sinensis ini berada di halaman rumah gubernur
jenderal VOC, Camphuys. Baru pada abad ke-18 mulailah berdiri pabrik-pabrik
pengolahan teh yang didukung oleh pemerintahan VOC.
Kini teh sudah menjadi minuman yang
sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang menyegarkan, teh
juga mengandung anti oksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jumlah pasar yang
besar dan dapat ditemui dimanapun membuat banyak orang berkecimpung untuk
membangun usaha di dunia minuman teh. Tidak sedikit dari para pengusaha ini
yang awalnya hanya bermodal beberapa juta dapat melejit meraup keuntungan
puluhan hingga ratusan juta.
Cerita
Sukses
Muhammad Syakir merupakan salah satu
pengusaha minuman yang sukses dengan kreasinya mencampur teh. Pria kelahiran
suku Bugis ini sempat jatuh beberapa kali dalam membangun usaha hingga akhirnya
kini ia sukses menjadi pengusaha minuman bubuk. Syakir mulai mencoba berbisnis
sejak tahun 2003 dengan membuka warung kelontong namun dalam waktu singkat
gagal karena minimnya perencanaan. Ia mencoba kembali berwirausaha dengan
membuka bengkel sambil tetap menjadi seorang wartawan foto namun lagi-lagi
usahanya ini gulung tikar.
Pada tahun 2011 Muhammad Syakir
kembali melirik sebuah peluang usaha minuman Teh Bubble dan kebetulan usaha di
sekitar perumahannya ini masih belum ada pesaingnya. Ia membeli paket franchise
seharga Rp 6 jutaan dari hasil gadai motor dan televisi miliknya.
Pengorbanannya kali ini tidak sia-sia, tidak lama setelah membuka usaha ini,
minumannya laris manis hingga mencapai penjualan 100 cup per hari.
source: wattpad.com
Tidak puas dengan hanya berjualan
minuman, Muhammad Syakir melihat ada peluang lain yaitu menciptakan bahan
baku bubuk sendiri. Bahan baku bubuk yang ia pakai terdiri dari coklat, kopi
dan teh. Setelah melakukan eksperiment dengan ramuannnya sendiri selama enam
bulan, hasilnya ternyata melebihi perkiraan. Dari situlah ia memberanikan diri
meminjam modal di bank dan membeli mesin sendiri untuk membuat bubuk.
Sekarang Muhammad Syakir mampu
memproduksi bubuk minuman sebanyak 34 rasa dan produksi per hari melebihi 200
kg dan 4-5 ton per bulan. Omzet kotor yang dapat Syakir kantongi per bulan
berkisar pada nilai Rp 300 juta. Produknya pun sudah didistribusikan ke
berbagai kota seperti Makassar, Surabaya, Serang, Bogor, Bandung dan Depok.
Setelah membaca cerita dari Muhammad
Syakir, mungkin UC Onliner menjadi semakin
bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut. Namun perlu kita perhitungkan
masak-masak apa saja yang perlu kita pertimbangkan dalam membangun usaha
minuman ini melihat kini persaingan franchise minuman teh sudah semakin ketat.
Analisa
Bisnis
Sebelum masuk dalam analisa bisnis,
perlu Anda ketahui bahwa analisa bisnis ini merupakan gambaran luas yang
ditujukan bagi mereka yang ingin membeli franchise dari franchisor, bukan
analisa untuk menjadi seorang franchisor. Namun bagi Anda yang ingin menjadi
franchisor minuman teh, ada baiknya pula untuk mengetahui analisa ini sehingga
tahu kira-kira apa saja yang dapat menjadi pertimbangan klien Anda. Pada
analisa bisnis ini kami membaginya menjadi tiga bagian, Kelebihan,
Kekurangan dan Analisa Perhitungan.
Kelebihan
Franchise Minuman Teh
1. Modal Dana Kecil
source: bls.gov
Modal dana untuk membuka usaha usaha
ini tergolong murah. Anda dapat melihat analisa kemitraan yang telah kami
survey dari beberapa brand franchisor minuman teh pada bagian Analisa
Kemitraan. Rata-rata dana investasi awal yang mereka tawarkan adalah sekitar 5
juta rupiah. Ada baiknya Anda tidak perlu mengambil keputusan untuk meminjam
dana ke bank atau ke rentenir karena bisnis ini memilki perputaran uang yang
juga kecil. Dengan meminjam dana juga akan membuat laba Anda semakin kecil
dikarenakan Anda gunakan untuk membayar angsuran ke pihak pinjaman. Pilihlah
paket franchise dengan harga yang masih dapat Anda jangkau.
2. Waktu Balik Modal Tergolong Cepat
Meskipun modalnya tergolong kecil,
namun banyak orang yang menyatakan bahwa waktu untuk balik modal dalam usaha
ini tergolong cepat, sekitar 3 bulan. Kami ingatkan kembali balik modal atau
ROI (Return On Investment) berbeda dengan BEP (Break Event Point). BEP adalah
sebuah kondisi dimana operasi bisnis ini dalam keadaan tidak mendapatkan untung
maupun rugi atau biasa disebut juga titik impas. Anda harus memastikan peluang
bisnis ini pada lokasi yang strategis dan potensi pembelinya banyak untuk
mendapatkan waktu balik modal yang lebih cepat. Silahkan lihat bagian analisa
perhitungan kami memperkirakan Anda membutuhkan setidaknya sehari menjual 70
cup minuman dalam sehari.
3. Omset Harian
Ada banyak bisnis yang memiliki
omset bulanan dan ada pula yang harian. Salah satu keuntungan dengan omset
harian adalah Anda dapat menganalisa bisnis dan mengantisipasinya lebih cepat.
Pastikan karyawan Anda untuk melakukan pelaporan dana setiap hari. Bedakan
hari-hari yang ramai pelanggan dengan hari-hari yang tidak terlalu ramai. Anda
dapat mengurangi dan menambah bahan baku sesuai perkiraan hari untuk mengurangi
bahan baku yang terbuang karena sudah tidak bisa disimpan terlalu lama,
contohnya seperti es batu.
4. Banyak Pilihan Mitra Franchise
Daerah perkotaan memiliki pilihan
bermitra yang lebih banyak. Anda dapat memilih mitra dengan pilihan paket lebih
bervariasi dan jenis minuman teh lebih banyak. Dengan banyaknya mitra ini
membuat para franchisor memberikan nilai lebih terhadap klien mitranya.
Pelajari dengan baik apa kelebihan dan kekurangan tiap-tiap franchise tersebut.
5. Support dari Franchisor
Franchise yang sudah terkenal dengan
nama baiknya biasanya memiliki standar tersendiri dalam memberikan support
kepada klien mitranya. Dukungan standar sebuah franchise biasanya berupa
Training Staff, bantuan pembukaan usaha, distribusi dan logistik produk,
program promosi dan konsultasi bisnis. Pastikan Anda menerima support ini pada
mitra franchise pilihan Anda.
6. Resiko Kegagalan Kecil
6. Resiko Kegagalan Kecil
Dibandingkan membangun bisnis
sendiri seperti direct sales,distributor dan konsep bisnis lainnya, franchise
memiliki tingkat resiko kegagalan yang kecil. Survey membuktikan rasio
kegagalan pada pembeli franchise adalah 5% – 15%, sedangkan pada bisnis biasa
berada di angka lebih dari 60%. Ini dikarenakan konsep usaha franshise biasanya
dipilih dari konsep usaha yang sudah terbukti berhasil dan pihak franchisor memberikan
support dengan baik.
7. Tingkat Resiko Kerugian Rendah
Penilaian peluang tidak akan hanya
dari Anda. Adanya penilaian dari pihak franchise juga membuat bisnis Anda
memiliki resiko kerugian yang rendah. Pihak franchise akan memperhitungkan
berapa keuntungan perhari yang Anda dapatkan dan memutuskan tidak bekerja sama
dengan Anda jika dirasa kurang menguntungkan.
Kekurangan
dari Franchise Minuman Teh
source: evomag.co
Di setiap usaha kecil maupun besar
tentu selalu ada kemungkinan datangnya hambatan yang mengurangi laju bisnis
Anda. Namun tentunya resiko ini bukanlah hal yang harus Anda hindari namun ada
baiknya tetap optimis dan memikirkan apa saja solusi untuk meminimalisir resiko
tersebut. Mental dan tekad untuk sukses Andalah yang menjadi kunci keberhasilan
Anda. Berikut ini adalah beberapa resiko dalam franchise minuman teh:
1. Tidak Bisa Berinovasi
Resiko paling dasar jika Anda sudah
memutuskan untuk bermitra dengan franchisor tentunya adalah Anda tidak dapat
mengontrol sesuka hati untuk jenis minuman yang dijual. Kebanyakan franchisor
tidak akan memperbolehkan Anda membeli bahan baku dari tempat lain atau
menambahkan bahan baku yang lain untuk membuat jenis minuman teh dengan variasi
yang baru. Inovasi berada di tangan franchisor, yang dapat Anda lakukan adalah
memberi saran untuk mereka agar dapat membuat inovasi baru sesuai keinginan
Anda.
2. Kompetitor banyak
Banyaknya keuntungan dan kemudahan
membuka usaha ini membuat semakin banyak kompetitor yang bermunculan. Jika Anda
tidak jeli mencari celah dan memberikan kualitas yang lebih baik maka sudah
pasti usaha Anda tidak dilirik oleh pelanggan. Oleh karenanya para franchisor
biasanya memberikan syarat lokasi harus memiliki jarak minimal tertentu
terhadap franchise minuman yang lain.
3. Ada Royalty Fee
Kebanyakan franchisor yang ada
mengharuskan Anda membayar Royalty Fee dalam jangka waktu tertentu. Royalty Fee
dapat didefinisikan sebagai kontribusi bagi hasil dari pendapatan yang Anda
dapatkan atas penggunaan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) milik franchisor.
Terlepas apakah Anda sebagai franchisee sedang mengalami untung atau rugi, Anda
tetap wajib membayar royalty fee jika ingin meneruskan bisnis menggunakan KHI
milik mereka.
4. Franchisor memiliki Hak
Memutuskan Kemitraan
Ada banyak alasan kenapa franschisor
tidak meneruskan kemitraan, salah satunya adalah karena ditemukannya
ketidakcocokan sesuai perjanjian kemitraan, entah itu dalam perbedaan mutu
pelayanan, perubahan logo dsb. Karenanya, pastikan Anda telah membaca baik-baik
perjanjian kesepakatan sebelum menyetujui untuk bermitra dengan mereka.
Analisa
Perhitungan
source: driverlayer.com
Kami akan memberikan contoh
perhitungan dengan referensi harga dari franchise Teh Cap Poci di kota Bandung
yang biasanya biaya awal kemitraan sebesar Rp 5.000.000. Cukup dengan modal
sebesar Rp 5.000.000 untuk kemitraan, Anda sudah mendapatkan beberapa alat ini.
1. Counter dari kayu
2. Box pendingin
3. Tempat es
4. Termos
5. Teko dari listrik
6. Mesin seal
7. Centong dari kayu
8. Sendok Besar
9. Alat untuk saringan
1. Counter dari kayu
2. Box pendingin
3. Tempat es
4. Termos
5. Teko dari listrik
6. Mesin seal
7. Centong dari kayu
8. Sendok Besar
9. Alat untuk saringan
Contoh
perhitungan
Biaya Franchise : Rp 5.000.000
Target penjualan sehari : 70 cup/hari
Harga jual minimum : Rp 2.500
Omset sebulan : 70 cup x 30 hari x Rp 2.500 = Rp 5.250.000
Biaya/cup/bulan : 70 cup x 30 hari x Rp 970 = Rp 2.037.000
Biaya sewa tempat : Rp 500.000/bulan
Gaji karyawan : Rp 700.000/bulan
Laba bersih : Rp 2.013.000/bulan
Balik modal : 3 bulan
Biaya Franchise : Rp 5.000.000
Target penjualan sehari : 70 cup/hari
Harga jual minimum : Rp 2.500
Omset sebulan : 70 cup x 30 hari x Rp 2.500 = Rp 5.250.000
Biaya/cup/bulan : 70 cup x 30 hari x Rp 970 = Rp 2.037.000
Biaya sewa tempat : Rp 500.000/bulan
Gaji karyawan : Rp 700.000/bulan
Laba bersih : Rp 2.013.000/bulan
Balik modal : 3 bulan
Perhitungan ini bersifat dinamis,
Anda dapat merubahnya dan menghitung dari awal jika ada harga yang tidak
sesuai. Kami hanya memberikan gambaran besar yang dilakukan sebagian besar
orang yang umumnya memakai paket kemitraan Rp 5.000.000. Sebagai contoh lain
jika Anda menyewa tempat di tempat yang ramai seperti di mall, Anda dapat
menambah biaya sewa yang lebih mahal dan gaji karyawan untuk lebih dari satu
orang, namun tentunya target penjualan juga harus ditambah untuk dapat
mendapatkan laba bersih yang cukup.
Analisa Produk
Selain menganalisa bisnis, UC
Onliner tentu perlu melakukan pengenalan juga terhadap jenis minuman teh yang
akan Anda jual. Dari cerita Syakir, Anda pasti tahu ada banyak sekali varian
rasa dan perlu diketahui bahwa itu tadi hanyalah sebagian kecil dari jenis teh
yang sudah beredar di pasar. UCEO telah mengumpulkan sekitar 7 jenis teh yang
paling banyak diminati masyarakat Indonesia untuk memudahkan Anda dalam
mengenal lebih tentang kelebihan dan kekurangan tiap-tiap jenis minuman
teh.
1. Teh Hijau
source: nytimes.com
Teh hijau sangat baik untuk
kesehatan tubuh karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan
kesehatan. Namun tetap saja, teh hijau tidak bisa melindungi dari semua
penyakit, karena penyakit datang tergantung dari pola hidup dan genetik tubuh
Anda sendiri. Kandungan terbesar teh hijau adalah cathecin, yaitu
antioksidan yang dapat melawan serta mencegah kerusakan sel. Selain itu
kandungan cathecin mampu mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah dan
membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes.
Terdapat informasi yang keliru
tentang teh hijau yang dapat menurunkan berat badan. Karena pada dasarnya tidak
ada makanan dan minuman yang mampu mengurangi berat badan kecuali makan dan
pola hidup yang sehat. Teh hijau mampu menyimpan hingga 50,000 kalori asalkan
tidak ditambahkan dengan gula atau madu. Jadi teh hijau dapat membantu
mengurangi asupan kalori. Namun untuk mengurangi berat badan, semua tetap
tergantung pada pola makan Anda.
Sebaiknya jangan menyeduh teh hijau
pada temperature tinggi karena akan merusak kandungan cathecin di
dalam teh hijau. Sebaiknya seduh pada air dengan temperature 160-170 derajat.
Seduhan teh hijau paling baik ditambahkan dengan lemon, karena vitamin C pada
lemon akan membuat cathecin lebih mudah diserap tubuh. Hindari
menambahkan susu dalam seduhan teh hijau Anda.
2. Teh Thailand
source: thaibloomrestaurant.com
Teh Thailand atau Thai Tea atau
biasa juga disebut sebagai "Cha-Yen" adalah minuman yang
terbuat dari seduhan Teh Ceylon khas Thailand. Atau bisa juga dari campuran
“Bai Miang” khas Thailand yang kemudian biasanya dicampur dengan pewarna
makanan. Thai Tea lebih baik bila ditambahkan perasan jeruk limau, atau
rempah-rempah.
Teh ini lebih nikmat bila disajikan
dingin dengan tambahan gula atau susu. Campuran susu biasanya dituangkan di
atas teh dan es batu sebelum teh disajikan. Hal ini dilakukan untuk menambah
rasa serta penampilan teh agar lebih menarik dan enak. Namun Teh Thailand ini
berbeda dengan bubble tea. Di restoran Thailand biasanya Thai tea disajikan
dalam ukuran gelas tinggi.
3. Bubble Tea
source: bubbleteacafe.com
Bubble Tea biasa juga disebut
sebagai Teh Mutiara. Kebanyakan Bubble Tea adalah teh yang dicampur dengan
mutiara yang berbahan dasar tepung tapioka. Atau bisa juga dicampur dengan
jelly, buah-buahan, sirup dan susu.
Bubble Tea biasanya merupakan
gabungan dari dua bahan pelengkap yang berbeda, misalnya susu dan jelly atau
susu dan mutiara. Bubble tea juga menawarkan rasa teh dengan varian yang
beragam. Rasa ini didapatkan dari campuran susu dan perasa buah-buahan. Masih
banyak varian kreasi dari bubble tea, yaitu misalnya bubble tea dengan campuran
susu murni, atau bisa juga dengan campuran creamer. Kemudian mengganti
gula dengan madu sebagai bahan pemanisnya.
Bubble tea memiliki beberapa varian
rasa yang terkenal, seperti rasa mango green tea, lychee green tea, strawberry
green tea dengan jelly strawberry, serta masih banyak lagi varian rasanya.
4. Teh Jasmine
source:
lifeinthelandoftherisingsun.blogspot.com
Teh Jasmine atau biasa disebut Teh
Melati adalah teh beraroma wangi karena campuran aroma dari bunga melati pada
seduhan teh. Biasanya, teh jasmine memiliki kandungan bahan dasar dari teh
hijau kemudian dicampur dengan teh hitam sebagai bahan tambahan.
Rasa teh jasmine sangat segar dan
harum. Biasanya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Rasa dan bau yang
harum dari teh jasmine dihasilkan dari campuran bunga melati yang ada dalam
teh. Teh jasmine merupakan teh beraroma yang paling terkenal di Cina.
5. Teh Tarik
source: improbable.com
Teh tarik adalah teh dari Malaysia,
keunikan dari teh ini adalah cara penyajiannya. Yaitu ketika disajikan, teh
tarik harus dituang ke dalam dua buah gelas secara bergantian, dengan jarak
antar gelas sejauh jangkauan lengan. Teknik ini memerlukan keahlian khusus,
karena jika tidak terbiasa, teh akan tumpah.
Teknik tersebut dilakukan bertujuan
untuk memberikan efek busa pada teh serta bertujuan untuk mendinginkan
temperature teh yang panas. Teh tarik terdiri dari campuran teh dengan susu
kental atau susu segar. Biasanya penyajian teh tarik cocok disandingkan dengan
makanan khas Malaysia yakni nasi lemak.
6. Teh Aneka Rasa
source: haveabrew.co.uk
The aneka rasa adalah teh dengan
campuran berbagai macam varian rasa. Hal ini bertujuan agar rasa teh lebih
bervariasi. Campuran teh aneka rasa antara lain adalah campuran teh dengan susu
kemudian ditambahkan rasa buah-buahan. Buah-buahan bisa bermacam-macam mulai
dari rasa strawberry, manga, lychee, apel, dan lain-lain.
Teh aneka rasa juga bisa
menggabungkan campuran dari teh dengan rasa coklat, sirup, jahe, lemon, soda,
dan lain sebagainya.
7. Teh Korea
source: jirisan.webs.com
Cara penyajian teh Korea cukup unik,
yaitu dengan cara menyeduh air panas kedalam gelas kemudian memasukkan daun
tumbuhan Camellia Sinensis atau biasa di Korea disebut dengan “Nok
Cha”. Teh Korea merupakan minuman aromatik karena harum dari “Nok Cha”
yang dimasukkan dalam air panas, lama-kelamaan akan berubah warna menjadi
kuning kecoklatan khas teh dan memiliki harum yang khas.
Teh Korea terkenal dengan
bahan-bahan seduhan yang khas. Selain “Nok Cha”, bahan lain yang
biasanya digunakan dalam membuat teh adalah dari buah, daun, akar, atau
biji-bijian kering yang kemudian diseduh dalam air panas. Minuman ini bisa
disajikan dalam keadaaan panas atau dingin.
Analisa
Kemitraan
Nama Perusahaan Franchise Minuman
Teh di Indonesia saat ini sangat banyak dan setiap tahunnya terus bertambah.
Hal ini mungkin dikarenakan memang usaha ini memiliki pangsa pasar yang luas
dan tidak bersifat musiman. Namun UCEO telah mengumpulkan informasi 4
perusahaan minuman teh yang paling dicari dan sudah terbukti kemampuan
manajemennya. Ada yang menerapkan sistem franchise namun ada juga yang bersifat
bagi hasil. Berikut adalah 4 perusahaan minuman teh yang paling laris dalam
usaha minuman gerai.
1. Tong Tji
Warna yang pucat dan rasa yang sedikit pahit khas dari kota Tegal membuat Teh Tong Tjie tidak kalah persaingan dalam usaha minuman teh. Pada kenyataannya, rasa dan warna pucat karena tidak menggunakan perwarna buatan inilah yang paling laris dicari oleh penikmat teh. Perusahaan Tong Tjie yang juga merupakan bagian dari Teh Dua Burung, sudah dijalankan selama 3 generasi oleh keluarga Tan See Giam. Tong Tji tidak memakai bahan pengawet dan bahan perasa buatan, bahan bakunya pun dipilih dari pucuk daun teh dan bunga melati asli. Dengan selalu menjaga kualitas inilah yang membuat Teh Tong Jie terus berkembang sejak tahun 1938.
Warna yang pucat dan rasa yang sedikit pahit khas dari kota Tegal membuat Teh Tong Tjie tidak kalah persaingan dalam usaha minuman teh. Pada kenyataannya, rasa dan warna pucat karena tidak menggunakan perwarna buatan inilah yang paling laris dicari oleh penikmat teh. Perusahaan Tong Tjie yang juga merupakan bagian dari Teh Dua Burung, sudah dijalankan selama 3 generasi oleh keluarga Tan See Giam. Tong Tji tidak memakai bahan pengawet dan bahan perasa buatan, bahan bakunya pun dipilih dari pucuk daun teh dan bunga melati asli. Dengan selalu menjaga kualitas inilah yang membuat Teh Tong Jie terus berkembang sejak tahun 1938.
Kabar buruknya adalah Tong Tji tidak
membuka franchise. Namun bagi Anda yang memiliki tempat yang strategis maka
pihak Tong Tji masih membuka kesempatan untuk bermitra dengan sistem bagi
hasil. Seperti kisah dari Santi di Tegal yang mengatakan bahwa untuk booth, gelas, teh dan
manajemen sepenuhnya dari pihak Tong Tji dan Anda hanya tinggal menunggu di
akhir bulan untuk menerima 10% keuntungannya.
Untuk Anda yang ingin menjadi mitra atau mencari informasi lebih lanjut tentang
franchise Teh Tong Tji silahkan buka website resminya di Tongji.com
2. Teh Cap Poci
Teh Cap Poci merupakan salah satu
produk unggulan dari PT. Gunung Slamat, perusahaan teh yang dibangun pada tahun
1940 oleh Bapak Sosrodjojo atau yang lebih dikenal dengan sebutan bapak pendiri
Teh Botol Sosro. Tepatnya baru pada tahun 2007, PT. Gunung Slamat resmi
memperluas usahanya ke bisnis gerai teh dengan nama Teh Cap Poci. Hanya dalam
waktu 3 tahun diliuncurkannya produk usaha ini sudah memiliki 2.500 mitra yang
tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bisa memulai bisnis counter ini, Teh Cap
Poci memberikan 2 pilihan paket kemitraan yaitu:
- Paket Meja Kecil Rp 5.000.000
- Paket Meja Besar Rp 7.500.000
Dengan investasi awal
tersebut Anda sudah dapat mendapatkan barang seperti berikut:
1. Counter dari kayu
2. Box pendingin
3. Tempat es
4. Termos
5. Teko listrik
6. Mesin seal
7. Centong dari kayu
8. Sendok Besar
9. Alat untuk saringan
1. Counter dari kayu
2. Box pendingin
3. Tempat es
4. Termos
5. Teko listrik
6. Mesin seal
7. Centong dari kayu
8. Sendok Besar
9. Alat untuk saringan
Untuk info lebih lanjut
silahkan buka website resmi PT. Gunung Slamat di Gunungslamat.com
3. Teh Gopek
PT Teh Gopek Cipta Utama, sebuah
perusahaan teh legendaris asal kota Slawi, Jawa Tengah, yang didirikan pada
tahun 1942. Nama Gopek sendiri diambil dari kata "Go" dan
"Pek" yang artinya lima bersaudara keluarga Pek yaitu Kwee Pek
Tjoe, Kwee Pek Hoey, Kwek Pek Lioe, Kwek Pek Lo alias Tjokro Hadisusilo, dan
Kwek Pek Yauw alias Tedjo Sukmono. Di tengah perjalanannya, Kwee Pek Hoey
memisahkan diri dan membuat perusahaan sendiri bernama 2 Tang yang belakangan
nama produknya lebih populer dari Teh Gopek.
Setelah kendali perusahaan dipegang
oleh Soediono sebagai pengurus generasi ketiga saat ini, Teh Gopek berhasil
melakukan beberapa langkah revolusioner seperti membenahi mekanisme distribusi
dan membuka kantor perwakilan di berbagai kota. Di tangan Soediono inilah Teh
Gopek membuka inovasi untuk menerima kemitraan franchise dalam bentuk
gerai. Saat ini kantor perwakilan Teh Gopek berada di kota Semarang,
Surabaya, Purwokerto, Jakarta dan Slawi. Untuk info lebih lanjut mengenai
peluang usaha ini silahkan menghubungi agen di Jakarta dengan no (021)294
84 066
4. 2 Tang
source: 2tang.co.id
Pada tahun 1979, Kwee Pek Hoey
bersama istrinya Anggraeny mendirikan PT. Tang Mas di Cimanggis, Bogor. Awalnya
kemasan teh yang dipakai adalah botol kaca dan sejak tahun 1984, PT. Tang Mas
meluncurkan kemasan baru dari karton aseptik. Pada perjalanan bisnis perusahaan
ini sempat mengalami masa krisis hingga pada tahun 1995 hingga L Hanjoyo
sebagai penerus memutuskan untuk melakukan diversifikasi produk ke Air Minum
Dalam Kemasan (AMDK). Dengan terus berinovasi, L Hanjoyo membawa PT. Tang Mas
kembali berjaya. Frutang adalah minuman teh beraroma jeruk pertama yang dihasilkan
PT. Tang Mas dan produk Teh 2 Tang pun mulai banyak diminati.
Anda dapat mendapatkan informasi
lebih tentang Teh 2 Tang melalui website resmi 2 Tang yaitu duatang.com dan 2tang.co.id. Meski
pada website resmi 2 Tang tidak menyediakan informasi tentang kemitraan, namun
banyak yang sudah membeli franchise dari brand 2 Tang ini, jadi langsung saja
hubungi nomor yang sudah disediakan di web PT. Tang Mas.
Tips
Membuka Franchise Minuman Teh
1. Pelajari Mitra Franchise dari
Komentar Klien Mereka
Tips pertama yang harus Anda
perhatikan adalah jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan mitra franchise.
Terlalu percaya dengan janji manis dan segala keuntungan yang ditawarkan
Franchisor sebelum menganalisa mereka dapat menjadi musibah bagi bisnis Anda.
Presure dalam persaingan franchise ini terutama di kota besar sudah sangat
ketat. Tidak sedikit franchise minuman yang hanya bertahan dalam waktu 3 tahun
kemudian bangkrut.
Salah satu cara paling ampuh adalah
mencari klien mereka dan bertanya langsung akan hubungan kerjasama mereka.
Apakah franchisor tersebut memberikan support seperti yang dijanjikan atau
apakah pengiriman bahan baku sering tepat waktu. Ada baiknya Anda juga mendapat
masukan tidak dari satu pihak.
2. Teliti dalam Survey Tempat
dan Perijinan
Jika Anda tidak menggunakan lahan
milik pribadi alias sewa lapak, adalah wajib jika Anda mensurvey tempat.
Pastikan lokasi yang Anda pilih merupakan spot strategis dengan potensi pembeli
yang besar. Lokasi strategis memang sulit di dapat namun jika Anda giat mencari
informasi di beberapa spot strategis hal ini bisa ditanggulangi. Kami sarankan
untuk memilih tempat dekat dengan area makan karena biasanya di tempat ini para
pelanggan mencari variasi minuman yang lebih banyak dengan harga yang
terjangkau. Jika sudah mengincar beberapa spot yang strategis pastikan Anda
tahu bagaimana cara mengurus perijinan dan berapa jumlah pasti iuran. Apakah ada
pungutan liar dari security atau apakah ada asuransi jika terjadi kebakaran dan
informasi kecil lainnya yang mungkin belum Anda pikirkan sebelumnya mengenai
tempat tersebut.
3. Perhatikan Jarak antar Booth
Franchise Minuman Lain
Sebelum melakukan kemitraan, Anda
akan melihat banyak franchisor yang akan melakukan survey terlebih dahulu ke
tempat usaha Anda. Ini dikarenakan mereka akan melihat siapa kompetitor Anda
dan mengukur seberapa dekat mereka. ”Calon mitra kami harus memberikan denah
lokasi, yang nantinya akan diikuti oleh survei yang kami lakukan. Sebab kami
melokalisir antara mitra yang satu dengan mitra yang lain. Antara satu lokasi
dengan lokasi lain minimal berjarak sekitar 1 kilometer,” ujar Cahaya salah
satu Brand Manager Teh Cap Poci. Beda hal dengan Franchise Good Tea, franchise
ini memiliki ketentuan jarak antara mitra satu dengan mitra lain haruslah
minimal 300 meter. Jadi pastikan Anda mengukur jarak booth Anda dengan mitra
lain, ini merupakan ketentuan yang tentunya untuk keuntungan Anda juga.
4. Cari Karyawan Jujur dan Cekatan
Pemilihan karyawan merupakan hal
yang sering kali menjadi masalah dalam bisnis ini. Karyawan franchise ini yang
biasanya hanya terdiri dari 1-3 orang memudahkan mereka untuk tidak jujur
terhadap omset harian yang dibutuhkan ataupun yang dihasilkan. Pastikan Anda
telah mengenal mereka dengan baik sebelum mempekerjakan. Kemampuan mereka dalam
bergerak juga menjadi hal yang penting karena bisnis ini termasuk dalam
waralaba cepat saji. Pelanggan ingin pesanan minumannya cepat disajikan sebelum
terlalu lama antri berdiri. Kami sarankan Anda sering-sering memberikan
apresiasi dalam bentuk apapun untuk membuat mereka kembali bekerja dengan jujur
dan bersemangat.
5. Berikan Pelayanan Terbaik ke
Konsumen
Produk yang baik jika tidak
diimbangi dengan kualitas pelayanan yang baik pula akan membuat perbedaan jarak
yang lumayan dalam berkompetisi. Raut wajah, cara berbicara, hingga mengucapkan
terimakasih adalah hal-hal kecil yang sering dilupakan namun berkesan bagi
pelanggan. Kualitas produk memang menjadi prioritas namun jika Anda
mengecewakan pelanggan tentunya mereka tidak akan kembali lagi untuk membeli di
tempat Anda.
Berikut tadi adalah sekilas
pengamatan UCEO tentang usaha franchise minuman teh. Kami berharap Anda dapat memberikan
feedback terhadap dampak dan isi artikel ni. Anda dapat
memberitahukan pula jika terdapat analisa yang kurang atau mungkin jika Anda
ingin menambahkan beberapa poin lainnya maka dengan hati gembira kami akan
menerima masukan Anda.
Semoga sukses dan Salam Entrepreneur .
Semoga sukses dan Salam Entrepreneur .
Baca Juga : Memulai Bisnis Sendiri