Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

by hdnetz , at 10.01.00 , have 0 komentar


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Pembahasan mengenai tips menulis dan contoh surat lamaran kerja ini terdiri dari dua kategori, yaitu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan contoh surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja (resume) yang baik dan profesional merupakan kunci bagi Anda untuk lulus dalam seleksi berkas dan menuju ketahap seleksi berikutnya. Tak jarang banyak para jobseeker atau pencari kerja yang meremehkan dan tidak memperdulikan surat lamaran kerja yang dikirimnya keperusahaan dimana ia ingin melamar kerja. Sehingga harapan untuk dipanggil ke tahap tes berikutnya pupus dan sia-sia. Coba Anda ingat kembali, seberapa banyak Anda mengirim surat lamaran kerja? dan berapa yang diterima serta ditolak.


Surat lamaran kerja secara tidak langsung dibuat selain menginformasikan bahwa kita tertarik terhadap posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahaan juga sebagai ajang "menjual diri". Namun bagi yang frash graduate dan sama sekali belum pernah bekerja, mungkin bingung prestasi apa yang harus di jual. Nah, disini Anda dapat mengutarakan prestasi Anda selama kuliah, misalnya menjuarai lomba diskusi perbankan (bank) seluruh universitas di jakarta atau prestasi rasional lainnya.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda diharuskan untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar jika surat lamaran kerja Anda berbahasa indonesia. Namun jika perusahaan meminta Anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, tulislah menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar pula. Jangan ada satu hurufpun yang tertingga atau salah ejaan. Untuk mengatasinya, sebelum Anda print surat lamaran kerja tersebut coba ulangi membaca surat lamaran kerja yang Anda buat.

2. Tulis Surat Lamaran Kerja Menggunakan Komputer
Sebisa mungkin usahakan menulis surat lamaran kerja menggunakan komputer. Jangan membeli dari kedai photocopy atau menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Akan tetapi terkadang ada beberapa perusahaan dan biasanya ini perusahaan BUMN (PNS) yang meminta menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, hal ini boleh Anda lakukan. Secara psikologis surat lamaran kerja yang ditulis atau diketik dengan komputer terkesan profesional dan mampu menggunakan komputer.

3. Struktur Surat Lamaran Kerja Mungkin struktur dan tata letak surat lamaran kerja Anda sudah tahu, disini saya hanya mengingtkan kembali.

4. Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Isi surat lamaran kerja usahakan ditulis dengan singkat, yaitu ditulis dalam satu halaman lembar kertas A4. Uraikan informasi yang penting sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selebihnya, jika Anda lulus dari seleksi berkas dan berlanjut ke sesi wawancara kerja, nah disini Anda dapat menjelaskan siapa dan apa prestasi yang pernah Anda raih selama ini.

5. Jangan Menuliskan Berapa Gaji yang Anda Minta
Masalah gaji dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang sensitif dan memiliki penilaian tersendiri oleh HRD. Jika perusahaan tidak meminta Anda untuk menuliskan gaji yang Anda minta, jangan ditulis, begitu pula dengan sebaliknay.

6. Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Memberi tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah hal yang penting, karena dengan adanya tanda tangan yang tercantun dalam surat lamaran kerja Anda, menginformasikan secara tersira bahwa ini adalah surat formal dan buatan Anda. Terkadang membubuhi tanda tangan pada surat lamaran kerja sering terlupakan oleh kita, untuk itu setelah surat lamaran kerja di print segeralah memberi tanda tangan sebagai Antisipasi agar Anda tidak lupa.

7. Surat Lamaran Kerja Harus Bersih
Nah, pada poin yang ketujuh ini mungkin Anda sudah tahu. Sekedar tambahan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja setelah di print, jangan hapus penggunakan penghapus pena, karena ini sangat pantang, usahakan print kembali surat lamaran kerja Anda.


Contoh surat lamaran kerja

Contoh surat lamaran kerja ini dibuat tentu saja untuk menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran kerja. Mungkin terdapat jutaan artikel di internet  yang menyediakan panduan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang disertai contoh surat lamaran pekerjaan baik itu surat lamaran kerja untuk melamar ke perusahaan maupun surat lamaran pekerjaan untuk melamar sebagai CPNS.

Surat lamaran kerja pada artikel ini sudah saya buat sesuai dengan format dan struktur penulisan lamaran kerja dan sebelum lanjut ke contoh surat lamaran kerja ada baiknya saya lengkapi juga tips dan kriteria untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar karena bagaimanapun juga surat lamaran yang kita kirim adalah proses awal yang menentukan dan terbukanya peluang apakah anda layak atau tidak menjadi karyawan dari sebuah perusahaan tertentu, sehingga sebelum membuat surat lamaran pekerjaan ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu cara membuat surat lamaran kerja berikut memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang akan saya bagikan kali ini

Cara membuat surat lamaran kerja
Berikut adalah struktur atau format penulisan surat lamaran kerja
1.Tempat dan tanggal penulisan
2.Perusahaan yang ditujukan
3.Salam hormat
4.Kata pengantar
5.Biodata pribadi
6.Pengalaman kerja dan skill
7.Harapan
8.Penutup

Contoh surat lamaran kerja

Bandung, 2 Januari 2016
Kepada Yth :
HRD PT. HDnetz
Jl. Raya Bandung

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                          : Dindin
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 11 Nopember 1979
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : S1 Elektro
Alamat                        : Jl. Dewi Sartika No. 12 RT/RW 01/09
Telepon                       : 0881881821

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya


Dindin


Contoh surat lamaran pekerjaan


 
Bandung, 21 April 2015

Kepada Yth :
HRD PT. Cahaya Abadi,
Jl. Pulau Bandung No. 10 Bandung

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                         : Ahmad Zakaria, SE
Tempat, Tgl. Lahir      : Bandung, 29 Mei 1985
Alamat                       : Jl. Tantular No. 15 Renon Bandung
No. Telp/HP               : 081338668798
Pendidikan                 : S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Marketing.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta, dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya

Ahmad Zakaria, SE.


PENTING : Dalam beberapa kesempatan saya sering melihat iklan lowongan kerja dalam berbagai bentuk yang hanya tertera dan ditujukan kepada para calon karyawan untuk mengirim cv lamaran kerja. Perlu anda ketahui bahwa cv merupakan lampiran kelengkapan yang disertakan dalam surat lamaran kerja yang anda kirim dan itu artinya anda harus membuat surat lamaran kerja dan disertai dengan cv atau curriculum vitae dan syarat-syarat kelengkapan lainnya yang sudah saya jelaskan pada setiap contoh lamaran kerja di atas dan untuk membuat CV dan kelengkapan lainnya.
Dari sekian banyak panduan maupun tips dalam menulis lamaran kerja, secara garis besar terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran dan apa saja itu, dan apa saja yang membedakan antara membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan dan untuk CPNS? Untuk membuat surat lamaran, sebenarnya sangat bergantung dari tempat anda melamar kerja apakah anda melamar pekerjaan untuk perusahaan swasta, pemerintah atau BUMN. Dalam menulis lamaran kerja kita dapat menggunakan tulisan tangan ataupun dengan mesin ketik namun dari informasi dinas ketenagakerjaan dijelaskan bahwa jika melamar kerja untuk perusahaan umumnya bisa dibuat dengan cara tulis tangan atau mesin ketik tergantung dari tempat perusahaan anda melamar kerja sedangkan untuk surat lamaran pekerjaan dalam hal ini untuk CPNS maka harus ditulis dengan tulisan tangan

Berdasarkan alasan di atas, jika anda melamar kerja untuk perusahaan yang melibatkan perangkat komputer atau mesin ketik sangat disarankan untuk membuat lamaran kerja dengan cara diketik namun bukan berarti tidak boleh menulis dengan tulisan tangan dan jika anda memilih untuk menulis lamaran kerja dengan tulisan tangan sebaiknya pada curriculum vitae yang menjadi surat kelengkapan diberikan penjelasan singkat bahwa anda juga terampil menggunakan komputer atau mesin ketik. Itulah informasi mengenai bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja.

 
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja - written by hdnetz , published at 10.01.00, categorized as Tips & Trik . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Knowledge for Life by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->