Tips Wawancara Kerja - Interview
Wawancara kerja
atau lebih sering kita dengar dengan sebutan interview kerja merupakan
momok yang paling menakutkan dikalangan jobseeker atau pelamar kerja yang sudah
lulus dalam tahap tes psikotes. Diantara salah satu tahap dan proses penerimaan
karyawan atau pegawai baru di sebuah perusahaan, apakah itu perusahaan badan
usaha milik negara (BUMN) atau Swasta adalah wawan cara kerja atau
interview. Biasanaya wawancara kerja atau interview ini terdiri dari dua tahap
yaitu wawancara kerja HRD dan wawancara kerja User.
Tidak jarang calon karyawan atau pegawai baru, lulus wawancara kerja. Entah apa sebabnya, namun menurut analisa yang saya lakukan salah satu sebab tidak lulusnya interview kerja adalah tidak atau kurngnya persiapan. Sehingga ketika wawancara kerja berlangsung, peserta gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer atau si pewancara. Oleh sebab itu saya ingin sekali berbagi penglaman dan sedikit tips wawancara kerja kepada sahabat super blog pedia dengan harapan setelah Anda membaca tips interview kerja ini, Anda dapat lulus wawancara kerja hingga tahap akhir proses sleksi penerimaan karyawan baru dan dapat bekerja di perusahaan yang Anda inginkan. apakah itu di bank (perbankan), pertamina, astra, maupun perusahaan BUMN atau swasta lainnya.
Tidak jarang calon karyawan atau pegawai baru, lulus wawancara kerja. Entah apa sebabnya, namun menurut analisa yang saya lakukan salah satu sebab tidak lulusnya interview kerja adalah tidak atau kurngnya persiapan. Sehingga ketika wawancara kerja berlangsung, peserta gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer atau si pewancara. Oleh sebab itu saya ingin sekali berbagi penglaman dan sedikit tips wawancara kerja kepada sahabat super blog pedia dengan harapan setelah Anda membaca tips interview kerja ini, Anda dapat lulus wawancara kerja hingga tahap akhir proses sleksi penerimaan karyawan baru dan dapat bekerja di perusahaan yang Anda inginkan. apakah itu di bank (perbankan), pertamina, astra, maupun perusahaan BUMN atau swasta lainnya.
Tips Wawancara
Kerja
Berikut ini merupakan tips wawancara kerja serta persiapan yang harus
Anda lakukan sebelum wawancara kerja/interview:
1. Survey Lokasi Wawancara Kerja
Satu hari sebelum wawancara kerja diselenggarakan, sempatkan diri Anda untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya Anda tidak sibuk mencari lokasi wawancara kerja. Namun jika Anda sudah mengetahuinya hal ini tidak perlu Anda lakukan.
2. Datanglah Lebih Awal
Datanglah 10 menit atau lebih cepat dari jadwal wawancara kerja yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Dengan datangnya Anda lebih awal, Anda dapat merileks-kan diri, sehingga tidak tergopoh-gopoh yang menyebabkan berkeringat dan gugup.
3. Siapkan Jawaban Atas Pertanyaan Wawancara Kerja
Hal ini perlu Anda lakukan, carilah kemungkinan pertanyaan yang akan di tanyakan pewawancara kerja, misalnya seputar posisi yang Anda lamar atau tentang profil perusahaan. Dengan Anda melakukan persiapan ini, Kepercayaan diri Anda akan bertambah, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.
4. Berpakaianlah yang Rapi dan Formil
Seni berpakaian yang rapi dan formil tidak selalu mahal. Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial Anda. Untuk pria, pakailah pakaian kemeja lengan panjang dengan warnah cerah namun tidak norak atau mencolok. Anda juga bisa memakai kemeja bermotif atau polos. Untuk kemeja yang bermotif, usahakan motifnya tidak terlalu banyak, hal ini memiliki penilaian sikologis oleh si pewawancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, jangan ber make up terlalu tebal, bermake up lah sewajarnya. Mengenai pakaian, pakailah pakaian yang menunjukkan Anda seorang pekerja. Soalnya, saya sering sekali menjumpai banyak wanit ketika wawancara kerja, memakai pakaian seperti kondangan dengan make up yang berlebihan.
5. Awali Sapaan dan Jabat Tangan
Ketika giliran Anda di panggil untuk interview, ketuklah pintu sebelum Anda masuk kedalam ruangan si pewawancara. Kemudian ulurkan tangan Anda lebih awal untuk berjabat tangan, genggam tangannya dengan erat sembari mengucapkan sapaan hangat, apakah itu dengan sapaan apa kabar, selamat siang atau dengan sapaan formil lainnya. Hal ini akan memberi kesan positif kepada pewawancara bahwa Anda adalah orang yang smart dan ramah serta percaya diri.
6. Jujur dan Jangan Bertele-tele
Ketika Anda ditanya oleh pewawancara, jawablah dengan jujur, usahakan jawaban Anda sesuai dengan apa yang ditanyanyakan. Tataplah mata si pewawancara dengan wajar, untuk memberi kesan penghormatan dan menampilkan kepercayaan diri Anda ketika pewawancara sedang bertanya.
7. Akhiri Perpisahan Dengan Jabat Tangan
Setelah Anda siap diwawancarai, hal yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah memberi jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah.
Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Mengenai Gaji
Salah satu pertanyaan wawancara
kerja yang menjebak adalah mengenai gaji yang kita harapkan. Pertanyaan
mengenai gaji sekilas memang nampak mudah di jawab, namun tahukah Anda ketika
kita tidak tepat menjawab pertanyaan ini maka akan timbul penilaian negatif
terhadap diri kita, dan hal ini merupakan salah satu sebab mengapa banyak calon
karyawan di sebuah perusahaan tidak lulus dalam tes wawancara kerja.
Pertanyaan mengenai gaji saat wawancara kerja sudah lazim dan memang sering ditanyakan oleh interviewer. Saya juga pernah di tanyakan demikian saat wawancara kerja di bank dan perusahaan lainnya. Kalau tidak salah pertanyaan yang ditanyakan interviewer seperti ini "Berapa gaji yang Anda harapkan?". Mendengar pertanyaan itu, saya juga sebenarnya masih bingun untuk menjawabnya, namun karena pertanyaan ini tidak hanya sekali ditanyakan kepada saya, sayapun dengan lugas menjawabnya dengan jawaban "mengenai gaji saya serahkan kepada perusahaan, karena saya yakin perusahaan memiliki standar gaji untuk karyawan yang sesuai dengan posisi, tugas serta tanggung jawabnya". Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah jawaban yang saya berikan itu sudah tepat atau kurang tepat, untuk itu saya ingi share kepada sahabat super blog pedia sekalian mengenai hal ini.
Pertanyaan mengenai gaji saat wawancara kerja sudah lazim dan memang sering ditanyakan oleh interviewer. Saya juga pernah di tanyakan demikian saat wawancara kerja di bank dan perusahaan lainnya. Kalau tidak salah pertanyaan yang ditanyakan interviewer seperti ini "Berapa gaji yang Anda harapkan?". Mendengar pertanyaan itu, saya juga sebenarnya masih bingun untuk menjawabnya, namun karena pertanyaan ini tidak hanya sekali ditanyakan kepada saya, sayapun dengan lugas menjawabnya dengan jawaban "mengenai gaji saya serahkan kepada perusahaan, karena saya yakin perusahaan memiliki standar gaji untuk karyawan yang sesuai dengan posisi, tugas serta tanggung jawabnya". Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah jawaban yang saya berikan itu sudah tepat atau kurang tepat, untuk itu saya ingi share kepada sahabat super blog pedia sekalian mengenai hal ini.
Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja
Ketika melamar kerja, kandidat karyawan akan
menghadapi sesi wawancara. Ini bagian yang sangat menentukan, apakah bisa
diterima atau tidak setelah mengetahui standar kualifikasinya. Negosiasi gaji
ada pada sesi ini. Apa yang mesti dilakukan? “Dalam proses wawancara,
perusahaan akan mencari orang paling tepat atau paling mendekati sesuai
‘kebutuhan’ perusahaan. Seseorang diterima atau tidak bukan karena bodoh atau
tidak bodoh, mampu atau tidak mampu. Paling utama adalah kandidat tersebut
tepat atau tidak dengan kebutuhan perusahaan,” kata Ami Siamsidar, Konsultan
Psikologi Senior pada Dr Sarlito & Co. Bisa jadi, ada kandidat sangat
cerdas atau memiliki kemampuan lebih, tapi justru tidak diterima lantaran
melebihi kualifikasi perusahaan.
Permintaan besarnya gaji
juga menjadi pertimbangan apakah kandidat ini tepat atau tidak. “Sebab selain
disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, penerimaan tenaga kerja juga
disesuaikan dengan kemampuan perusahaan,” kata Ami. Pembicaraan besaran gaji
biasanya dilakukan di akhir wawancara. “Di sini biasanya perusahaan akan
menanyakan gaji yang diminta kandidat. Tapi bisa juga luput dari pertanyaan.
Atau, justru itu trik untuk tidak ditanyakan akibat saking tertariknya atau
sebaliknya, tidak tertarik pada kandidat,” jelasnya.Perihal gaji ini, kandidat boleh saja menanyakan langsung mengenai plafon perusahaan, kira-kira berapa imbalan yang akan diterimanya jika sudah bekerja. “Dengan bahasa standar, pertanyaan tersebut bukan sesuatu yang mengejutkan bagi pewawancara. Jadi wajar saja menanyakan standardisasi gaji perusahaan,” katanya. Justru dengan bertanya demikian, kandidat akan mudah mempertimbangkan nilai gaji yang diinginkan. Idealnya, lanjut Ami, seorang kandidat (berpengalaman kerja) telah memiliki standardisasi gaji. Semua dipertimbangkan sesuai kemampuan kerja dan referensi yang dimiliki, hingga bisa menentukan berapa minimal gaji yang seharusnya didapat.
“Kita harus punya kisaran gaji kira-kira berapa, dan bermainlah dalam kisaran tersebut. Jangan berspekulasi dan mencoba-coba menyampaikan permintaan gaji di atas atau di bawah kisaran,” ujar psikolog yang juga aktivis LSM ini. Menurut Ami, menentukan standar gaji bagi diri sendiri adalah lebih realistis dibanding berspekulasi atau bermain-main dengan nilai. Ukur besarnya gaji yang diminta sesuai kemampuan kerja. Jangan sembarang menetapkan nilai, tapi sampaikan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan pribadi: kemampuan kerja, referensinya bagaimana, dengan memperbandingkan dari sejumlah informasi. “Itu jauh lebih mudah diterima,” tandasnya.
Kembali lagi, yang paling aman adalah menanyakan bujet yang ditawarkan untuk jabatan yang dilamar. “Di situ kita bisa melihat apakah ancer-ancer yang sudah kita persiapkan jauh di bawah standar atau di atas standar. Jadi kita bisa tahu peluangnya,” jelas Ami. Dalam menyampaikan gaji sesuai keinginan, kita juga harus mempertimbangkan kebutuhan kita untuk transportasi dan uang makan. Berapa jumlah yang dibutuhkan di luar gaji pokok?
Untuk itu, Ami menuturkan, saat ada panggilan wawancara, segera perhitungkan ongkos transportasi dan makan. Jangan sampai salah hitung hingga belakangan baru kaget gajinya terlalu kecil, lalu baru sebulan memilih mundur. “Itu tidak fair, karena perusahaan mencari tenaga dengan harapan bisa mendapatkan tenaga kerja jangka panjang,” jelasnya.
Selain besaran gaji, bisa juga ditanya dengan rileks soal tunjangan yang bakal didapat selama bekerja. Misalkan, tunjangan kesehatan. Untuk permintaan tunjangan ini, kandidat berpengalaman kerja bisa bercermin dari perusahaan sebelumnya. Sebaliknya bagi yang belum perpengalaman, bisa tanya-tanya dulu soal poin-poin tunjangan yang biasanya diberikan perusahaan tersebut apa saja.
“Jangan dipukul rata semua perusahaan bisa memberikan tunjangan-tunjangan demikian,” katanya.
Terkait permintaan gaji dan tunjangan ini, Kepala BSI Career Center, Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) Heri Kuswara berpendapat, kandidat belum berpengalaman sebaiknya tidak menyampaikan nilai gaji yang diminta.
“Fresh graduate tidak puya nilai jual. Sebesar apapun kompetensinya, tetap saja belum pernah diimplementasikan di dunia kerja. Belum pernah diketahui berapa besar kontribusinya di dunia kerja. Jadi jangan sampai menyampaikan nilai gaji yang dinginkan,” kata Heri Kuswara.
Lalu bagaimana jika ada pertanyaan berapa gaji yang diminta? “Jawab saja: Saya yakin perusahaan akan memberikan yang terbaik kepada saya ketika saya memberikan kontribusi terbaik pada perusahaan,” ujar dosen di BSI ini.
Tetapi biasanya di sini kandidat terjebak karena dipaksa menyebutkan nilai gaji. Di sinilah kandidat perlu mengetahui standardisasi gaji di daerah. Misalnya untuk lulusan SMA di Jabodetabek Rp 2,5 juta ke atas (sesuai UMP), D-3 Rp 3,5 juta ke atas, dan S-1 adalah Rp 4,8 juta ke atas. “Boleh sebut angka minimum atau lebih sedikit di atasnya,” kata dosen yang mengelola lembaga persiapan dan penempatan karier mahasiswa/alumni Kampus BSI.
Kandidat juga perlu memahami profile company perusahaan, karena ada perusahaan yang memang memberikan gaji tinggi dan ada yang memang standar gajinya kecil.